Jumat, 07 Juni 2013

Laga Indonesia vs Belanda


Laga Indonesia vs Belanda, Jumat malam nanti (7/6/13) pukul 19.00 WIB akan digelar di Stadion Utama GBK, Senyan. Berikut Klik! Cileungsi paparkan beberapa berita menjelang Laga Indonesia vs Belanda tersebut.
  
  •  Kostum
Suporter Indonesia diminta untuk memerahkan GBK, "Aku akan memberikan permainan terbaik pada pertandingan besok. Jadi, semoga penonton bisa mendukung kami dan memerahkan GBK," ujar Boaz meminta supporter Indonesia untuk memerahkan GBK saat jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis.
Namun sayangnya Tim Indonesia malah tidak memakai jersey merah.  dikarenakan, terjadi kesalahpahaman antara pihak PSSI dan promotor terkait kesepakatan dengan KNVB mengenai kostum kedua tim. "Memang Indonesia akan memakai seragam putih, sedangkan Belanda memakai seragam oranye. Kami sudah bersikeras terkait masalah kostum ini saat manager meeting dan manajemen tidak tahu soal ini sebelumnya. Yang paling bertanggung jawab adalah pihak sponsor dan PSSI," ujar Rudi Maswi, manajer timnas.
Ya, meski begitu Indonesia harus tetap semangat karena pasti ada merah putih dihati semua pemain.

  • Squad
Di laga Indonesia vs Belanda (7/6/13), Indonesia akan membawa 21 pemainnya, berikut daftarnya: Kiper: Kurnia Meiga (Arema Indonesia), Andritany Ardiyasa (Persija Jakarta), I Made Wirawan (Persib Bandung)
Bek: Hengki Ardiles (Semen Padang), Zulkifli Sukur (Mitra Kukar), Ricardo Salampesy (Persipura Jayapura), M Roby (Persisam Samarinda), Victor Igbonefo (Arema), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Toni Sucipto (Persib), Ruben Sanadi (Persipura)
Gelandang: Imanuel Wanggai (Persipura), Hendro Siswanto (Arema), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Vendri Mofu (Semen Padang), Ahmad Jupriyanto (Sriwijaya FC), Greg Nwokolo (Arema)
Penyerang: Boaz Salossa (Persipura), Ian Louis Kabes (Persipura), Andik Vermansah (Persebaya 1927), Sergio van Dijk (Persib)
Sedangkan belanda  membawa Arjen Robben, Robin Van Persie, dan Wesley Sneijder dalam 21 squadnya. Kita nantikan saja nanti malam siapa pemain yang akan bertanding di GBK.

  • Fakta menarik :
a.   Piala dunia 1938
Indonesia pernah mengikuti piala dunia 1938 namun dengan nama Hindia Belanda dan kostumnya pun berwarna oranye-putih seperti timnas belanda sekarang. Sayang pada laga pertama di Piala Dunia, Indonesia menelan kekalahan 0-6 dari Hongaria. Setelah itu, Indonesia tak pernah ikut Piala Dunia. Sedangkan, Belanda berhasil tampil tujuh kali setelah itu.

b.   5 pelatih belanda pernah melatih squad Indonesia, yaitu :
o   Johannes Christoffel van Mastenbroek menjadi pelatih Belanda pertama yang membesut Hindia Belanda di Piala Dunia 1938.
o   Wiel Coever, yang dijuluki "Albert Einstein-nya sepakbola" melatih Indonesia pada tahun 1970-an
o   Frans Van Balkom yang direkrut PSSI pada 1978. Tapi, namun performanya kurang memuaskan sehingga dipecat pada 1979
o   Henk Wullems pada tahun 1996 setelah sukses membawa Bandung Raya juara Liga Indonesia. Ia bertahan dua tahun dengan prestasi sebuah medali perak SEA Games 1997.
o   Wim Rijsbergen. Pria 61 tahun ini gagal total sebagai pelatih.  Dari 11 laga, Wim hanya bisa menang 2 kali, 5 kali imbang dan 6 kali menelan kekalahan
o   pada skuad pelatih Indonesia saat ini juga ada pria asal Belanda. Pelatih kepala, Jacksen F Tiago, mempercayakan Raymond Verheijen sebagai konsultan pelatih fisik timnas

c.   Jumpa Pertama
Indonesia dan Belanda  belum pernah bertemu satu sama lain di ajang resmi internasional. Dengan demikian, laga hari Jumat di SUGBK nanti menjadi kesempatan perdana bagi skuad "Garuda" mencicipi kualitas Die Oranje.

d.   Reuni Pemain
Di tim Belanda, terdapat pemain yang berdarah Indonesia, sebaliknya di dalam skuad Garuda juga bercokol sederet pemain berdarah Belanda. Pemain Indonesia darah belanda yaitu, Striker Persib Bandung, Sergio van Dijk, dan pemain Mitra Kukar, Raphael Maitimo. Sedangkan Pemain Belanda darah Indonesia yaitu Robin van Persie dan John Heitinga. Van Persie disebut-sebut keturunan Jawa, sedangkan Heitinga mengatakan ayahnya lahir di Jakarta. Van Dijk bahkan memulai karir bersama bintang Bayern Munich, Arjen Robben, di klub Belanda Groningen. Sedangkan untuk pemain mitra kukar Raphael Maitimo, pria kelahiran Rotterdam itu pernah tampil bersama Wesley Sneijder dan juga Robin van Persie di tim nasional Belanda U-17.



0 komentar:

Posting Komentar