Senin, 03 Juni 2013

ISO atau ASA kamera

ISO atau ASA, adalah kesensitifan  (kecepatan ) kamera dalam menyerap cahaya.
Singkatnya, jika kita setting ISO kamera kita ke  100, maka kamera kita memiliki tingkat kesensitifan 100. jika kita set di angka 1000, maka kamera kita memiliki tingkat kesensitifan 1000. jadi semkin besar angkanya , semakin sensitive (cepat) kamera kita dalam menyerap cahaya.
Pemakaian ISO :

dijelaskan tadi bahwa ISO adalah kesensitifan  (kecepatan ) kamera dalam menyerap cahaya, nah !, jika kita ingin memotret pada siang hari yang cahayanya terang benderang, ke angka berapakan kita setting ISO kamera kita ? ISO besar ? atau ISO kecil ?
jawabannya adalah ISO kecil !!, mengapa ? , kita main logika saja, pada saat siang hari kan cahayanya terang benderang, jadi kamera kita tidak perlu terlalu sensitive untuk menyerap cahaya, kan cahayanya banyak ^_^, nah sebaliknya saat malam hari yang cahayanya sedikit , kita gunakan ISO yang besar, mengapa ? kan malam – malam cahaya sedikit, maka jika kita tidak ingin foto kita gelap kamera kita harus sensitive dalam menyerap cahaya yang ada, jadi gunakanlah ISO besar. Namun, penggunaan ISO yang besar akan mengasilkan noise ( bintik – bintik merah, biru atau kuning ), yang membuat foto kita jadi kurang bagus. tapi tenang, cara mengakalinya adalah, gunakan saja flash dan lighting ^_^

0 komentar:

Posting Komentar